Munculnya karat masih menjadi keresahan bagi pengguna atap berbahan galvalum. Material yang banyak diminati ini memang memiliki lapisan anti karat atau disebut coating. Meskipun begitu, perlu upaya pencegahan agar terhindar dari permasalahan atap yang berkarat. Ingin tahu caranya? Simak penjelasan berikut.

Baca Juga : Aman Dan Kuatkah Seng Galvalum Untuk Atap 

  • Pada saat melakukan bongkar muat galvalum di ekspedisi, hindari adanya goresan. Tidak hanya saat proses bongkar muat saja, pada saat memasang atap galvalumpun usahakan untuk menghindari adanya goresan dari benda tajam. Kenapa, karena permukaan galvalum yang terkena goresan akan membuka lapisan pelindung karat yang ada pada permukaan galvalum. Apabila lapisan pelindung karat sudah terbuka, ada potensi menyebar hingga ke permukaan lain. Oleh karenanya diperlukan tindakan penyimpanan dan penanganan yang baik untuk mencegah terjadinya goresan pada lapisan permukaan galvalum. Namun, apabila sudah terlanjur terkena goresan, maka langkah awal yang bisa dilakukan adalah melakukan pengecatan pada sisi galvalum yang tergores. Hal ini sangat membantu supaya bagian yang tergores tidak menyebarkan karat ke bagian yang lain.
  • Simpan galvalum di tempat yang tertutup, kering dan hindarkan terkontaminasi langsung dengan tanah, semen, serta bahan logam lain yang tidak sejenis seperti stainless steel, tembaga, besi dsb.
  • Jauhkan galvalum dari adonan semen dan air semen. Sebab adonan tersebut apabila menempel pada galvalum akan menimbulkan reaksi kimia. Yang nantinya bisa merusak lapisan tahan karat pada permukaan galvalum.
  • Jauhkan atap galvalum dari zat kimia dan cairan kimia yang sifatnya korosif atau bersifat asam basa. Sebab bisa merusak lapisan coating atap galvalum hingga mengurangi ketahanannya.
  • Pergunakan sekrup atau baut yang sejenis, karena idealnya menggunakan baut berlapis aluminium. Penggunaan baut yang tidak sejenis seperti stainless steel, tembaga dsb bisa menyebabkan karat di sekitar baut tersebut. Yang artinya akan sangat membahayakan apabila menggunakan skrup atau baut yang salah.
  • Jangan gunakan gerinda pada saat memotong atap galvalum, karena sisi yang terpotong tersebut bisa menimbulkan karat dan akan menyebar ke permukaan atap. Lebih baik pergunakan gunting baja apabila ingin memotong ujung atau sisi atap galvalum.

Baca Juga : Cara Memelihara Genteng Metal Pasir 

Jadi, hati-hati ya Sobat dalam penyimpanan dan pemasangan atap berbahan galvalum ini, supaya atap bisa awet. Jika berkebutuhan atap galvalum bisa hubungi Benindo – ONE STOP BUILDINGS, beralamat di Jalan Raya Buntaran A-1, Tandes, Surabaya. Atau WhatsApp di 082120708999 / 082216682268. Bisa juga Kunjungi sosial media kami :

Instagram : benindo.id

Facebook : Benindo Jaya makmur Sejati

Tokopedia : www.tokopedia.com/BENINDO – ONE STOP BUILDINGS

Shopee : www.Shopee.com/benindostore

Menu