Mengapa Anda Harus menggunakan Rangka Baja Ringan atau Atap Galvalum

Artikel

Baja Ringan / Atap Galvalum merupakan material berbahan dasar besi dengan lapisan aluminium dan zinc. Karena berbahan dasar besi maka galvalum sangat sesuai untuk digunakan sebagai material struktural khususnya sebagai rangka atap yang kokoh dan kuat. Ada bebarapa macam baja ringan yang dikelompokan berdasarkan nilai tegangan tariknya (tensile strength). Kemampuan tegangan tarik ini umumnya didasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan tersebut.

Contohnya untuk beberapa produk structural seperti rangka atap baja ringan perlu menggunakan baja ringan dengan tegangan tarik tinggi (G550). Namun untuk bebebrapa produk home appliances diperlukan baja ringan dengan tegangan tarik yang lebih rendah (G300, G250, dll) dan yang lebih lentur dan lunak sehingga lebih mudah untuk dibentuk.Karena tingkat kualitas dan kuat tarik tinggi, nggak heran baja ringan lebih tipis dan ringan dibandingkan baja konvensional. Baja G550 bisa diartikan sebagai baja yang mempunyai kuat tarik 550 Mpa (Mega Pascal). Uji kualitas ini hanya dapat dibuktikan di laboratorium.

Umumnya ketebalan baja ringan berkisar antara 0,20 – 2,00 mm. Variasi ketebalan ini ditentukan oleh fungsi barapa besar beban yang ditopang dan ukuran bentang baja itu sendiri. Ketebalan yang lebih kecil dibandimg dengan baja konvensional dengan tujuan untuk mengurangi beban strukutur bangunan.

Dengan ketebalan yang lebih kecil mungkin kita ragu akan kekuatan material ini. Namun kita tidak usah khawatir karena kekuatan baja ringan ini sangat diandalkan terbuat dari bahan baja yang sangat bermutu.

Baja tersusun dari besi dan karbon (Fe dan C). Apabila unsur tersebut bercampur dengan air dan udara  akan timbul reaksi yang mendorong terjadinya karat. Maka baja ringan perlu dilapisi antikarat. Pengaplikasian lapisan antikarat sangat penting untuk menjaga agar material awet dan tahan lama.

Galvalum bertujuan pada material baja dengan lapisan yang mengandung unsur alumunium dan zinc. terdiri dari 55% unsur coatingnya adalah aluminium 435% adalah unsur seng/zinc dan 1, 5% unsur silikon. Material Baja Ringan Galvalume biasanya menggunakan zincalume, salah satu merek Bluescope Steel Ltd, Perusahaan pioneer produsen baja ringandengan lapisan Zinc dan Aluminium.

KELEBIHAN GALVALUM
  • Sangat Ringan
  • Kuat
  • Tahan Api
  • Anti berkarat
  • Tahan Rayap
  • Pemasangan cepat
  • Lebih Ekonomis daripada kayu maupun Besi
  • Lebih rapi

Alasan Mengapa Anda Harus menggunakan Rangka Baja Ringan

Penggunaan rangka baja ringan mungkin diindonesia belum begitu femiliar. Akibatnya, banyak masyarakat Indonesia yang masih enggan menggunakan rangka atap baja ringan ini, padahal rangka ini sangatlah cocok digunakan di wilayah Indonesia yang notabene rawan gempa.
Jika anda salah satu orang yang belum menggunakan atau masih bingung untuk menggunakan rangka baja ringan ini, kami akan memberikan beberapa alasan mengapa anda harus mulai menggunakan rangka atap baja ini sebagai elemen utama dalam kegiatan pembangunan rumah Anda.

  1. Lebih Hemat Biaya

Desain atap galvanum bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang tanpa harus sering mengganti rangka atap. Coba bayangkan berapa banyak biaya yang harus kita keluarkan apabila kita harus mengganti atap rumah yang terserang rayap terus-menerus?

  1. Struktur Rangka Yang Pastinya Lebih Ringan Dari Rangka Yang Menggunankan Kayu

Sesuai dengan namanya, atap galvalum atau dikenal juga dengan nama rangka atap baja ringan memiliki bobot yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan rangka kayu. Atap galvalum mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, tentulah hal ini mempermudah pemasangan rangka dan mempercepat pembangunan, dan meningkatkan presentase keselamatan para pekerja.

  1. Untuk menjaga lingkungan

Seperti yang kita tahu bahwa hutan di Indonesia tidak sehijau dahulukala akibat penebangan liar. Oleh karena itu dengan kita menggunakan atap baja ringan itu sama saja ikut menjaga lingkungan kita yang sudah terlanjur rusak tidak menjadi tambah parah lagi.

  1. Atap Galvalum Anti Rayap

Seperti yang kita ketahui atap kayu rentan sekali di makan rayap, apalagi jika menggunakan jenis kayu yang kurag bagus. Nah kamu bisa ganti atap kayu dengan atap galvalum yang lebih kokoh dan tahan rayap, jadi anda ngga perlu khawatir kalau atap rumah anda akan dimakan rayap lagi.

  1. Pembangunan Jadi Lebih Cepat

Atap galvalum yang sudah siap pasang akan sangat menghemat waktu pengerjaan berbagai proyek bangunan. Misalnya saja, sebuah rumah minimalis tipe 36 bisa diselesaikan dalam kurun waktu kurang lebih 1 minggu dengan menggunakan rangka atap galvalum.

Menu